January 01, 2009

KPU Akan Gunakan Drop Box Bagi Pemilih di Luar Negeri

Jakarta - Bagi para pemilih yang berada di dalam negeri tentu mudah sekali bila ingin berpartisipasi dalam pemilu 2009. Bila Anda terdaftar, tinggal datang saja ke tempat pemungutan suara. Tapi bagaimana dengan yang di luar negeri?

"Kita menggunakan drop box. Kita menemptkan box di suatu tempat, dan pemilih kemudian datang ke sana. Ini permintaan mereka," kata Ketua KPU Abdul Hafiz Anshari saat dihubungi lewat telepon, Jumat (26/12/2008).

Kini bagaimana teknisnya tengah dibahas bersama pihak Departemen Luar Negeri (Deplu). "Bagi para pemilih kita kirim dahulu surat suaranya sehari sebelumnya melalui pos," tambahnya.

Drop box ditaruh di lokasi yang banyak terdapat warga Indonesia. Tentunya pula ada petugas yang berjaga. Bagaimana dengan masyarakat yang jauh? "Cukup mengirimkan saja lewat pos," terangnya.

Drop box ini adalah alternatif dari beberapa model yang lain. Menurutnya pula, masih digagas cara lain bagi para pemilih di luar negeri. Misalnya saja cukup melalui via pos saja.

"Yang penting jangan bertentangan dengan asas jujur dan adil," jelasnya.

Memang kendala yang dihadapi untuk para pemilih di luar negeri cukup berat. Antara lain mereka susah meninggalkan tempat kerja, lokasi yang berjauhan, dan waktu yang dimiliki.

"Untuk itu, kita berupaya memberikan pelayanan dan kita berusaha aktif," tandasnya.Indra Subagja - detikNews (ndr/nal)

No comments:

Post a Comment

 

blogger templates | Make Money Online